Thursday, September 20, 2012

Quiz Alkitab Perjanjian Lama

Quiz Alkitab Perjanjian Lama


  1. Musa mati di atas gunung Hor. Benar atau Salah?  (Jawaban : Salah. Musa mati di atas gunung Nebo. Yang mati di atas gunung Hor adalah Harun - Ul 32:49-50)
  2. Mengapa Ishak sayang kepada Esau? (Jawaban : karena Ishak suka makan daging buruan dan Esau adalah seorang yang pandai berburu - Kej 25:27-28).

  3. Warnanya putih seperti ketumbar dan rasanya seperti rasa madu. Apakah itu? (Jawaban : Manna - Kel 16:31).
  4. Anak tertua Kain adalah Henokh. Benar atau Salah  (Jawaban : Benar - Kej 4:17)
  5. Dalam Kitab apakah tertulis : "Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?" ? (Jawaban : Kitab Amos - 3:3)
  6. Siapakah dari anak-anak Nuh yang disebut bapa Kanaan? (Jawaban : Ham - Kej 9:22)
  7. Siapa-siapakah yang membantu menopang tangan Musa dalam peristiwa pertempuran orang Israel melawan orang Amalek? (Jawaban : Harun dan Hur - Kej 17:12)
  8. Berapa tahun orang Israel makan Manna? (Jawaban : 40 tahun - Kel 16:35)
  9. Siapakah di dalam Alkitab disebut merayakan hari ulang tahunnya? (Jawaban : Firauan Kej 40: 20)
  10. Mengapa nama Yakub kemudian disebut Israel? (Jawaban : Sebab Yakub telah bergumul dengan Allah dan Yakub menang - Kej 32:28)
  11. Siapakah nama pelihat yang diminta oleh Balak, Raja Moab, untuk mengutuk orang Israel (Jawaban : Bileam bin Beor - Bil 12)
  12. Ada sebuah gedung yang disebut "Hutan Libanon". Gedung apakah itu? (Jawaban : Istana Salomo - 1 Raj 7:1-2)
  13. Dalam Kitab apakah tertulis: "Oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh." ? (Jawaban : Kitab Yesaya - 53:5)
  14. Apakah nama sungai yang seketika airnya berhenti mengalir saat Yosua dan orang Israel  menyeberang dengan dengan membawa tabut perjanjian? (Jawaban : Sungai Yordan - Yos 3)
  15. Siapakah nabi yang berjalan telanjang dan tidak berkasut selama 3 tahun sebagai tanda dan alamat terhadap Mesir dan terhadap Etiopia? (Jawaban : Nabi Yesaya - Yes 20)
  16. Rehabeam adalah anak dari raja Daud. Benar atau Salah? (Jawaban : Salah. Rehabeam adalah anak raja Salomo - 1 Taw 3:10)
  17. Siapakah orang Horon yang mengolok-ngolok orang Yahudi dan Nehemia dalam pekerjaan mereka membangun kembali Tembok Yerusalem? (Jawaban : Sanbalat - Neh 2:19; 4:1)
  18. Debora "Hakim-Hakim" juga adalah seorang nabiah. Benar atau Salah? (Benar - Hak 4:4)
  19. Pemazmur menulis "Masa hidup kami 70 tahun dan jika kami kuat, 80 tahun, dan kebangaannya adalah kebahagiaan dan damai sejahtera". Benar atau Salah? (Jawaban : Salah. Seharusnya: "Kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan" - Mzm 90:10)
  20. Siapakah nabi yang botak? (Jawaban : Elisa - 2 Raja 2:23)
  21. Aspenas, kepala istana raja Babel, Nebukadnezar, memberi nama lain kepada Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. Sebutkan masing-masing nama lain mereka! (Jawaban : Daniel = Beltsazar, Hananya = Sadrakh; Misael = Mesakh, Azarya = Abednego - Dan 1:6-7).
  22. Firman Tuhan menyampaikan kepada kita bahwa adalah lebih baik ke rumah pesta dari pada ke rumah duka. Benar atau Salah? (Jawaban : Salah. Sejarusnya "Pergi ke rumah duka lebih baik dari pada pergi ke rumah pesta." - Pkh 7:2)
  23. Apakah alat tebus atau alat tukar yang lazim dipakai di zaman Ruth guna menguatkan atau mensahkan suatu perkara? (Jawaban : Kasut - Ruth 4:7)
  24. Apakah yang dipakai oleh Elisa untuk menyehatkan air di Yerikho? (Jawaban : Garam - 2 Raj 2:19-22)
  25. Siapakah nabi yang ditegur TUHAN untuk tidak boleh menyebutkan dirinya masih muda saat ia diutus oleh TUHAN? (Jawaban : Nabi Yeremia - Yer 1:4-7)
  26. Sebutkan nama Hakim-Hakim Israel. (Jawaban : Otniel bin Kenas, Ehud bin Gera, Samgar bin Anat, Debora bin Barak, Gideon bin Yoas, Abimelekh bin Yerubaal/Gideon, Tola bin Pua bin Dodo, Yair, Yefta bin Gilead, Ebzan, Elon, Abdon bin Hilel, Simson dan Delila, Eli, Samuel bin Elkana - Kitab Hakim-Hakim).
  27. Berapa usia Musa ketika ditemukan oleh puteri Firaun? (Jawaban : kurang lebih 3 bulan - Kel 2:1-6)
  28. Apakah alasan Laban kepada Yakub ketika ternyata ia memberikan Lea terlebih dahulu menjadi isteri Yakub padahal Yakub menginginkan Rahel? (Jawaban : Demikianlah adat yang berlaku di tempat Laban yakni tidak dapat mengawinkan yang adik sebelum mengawinkan yang kakak - Kej 29:26)
  29. Berapakalikah Abraham mengajukan permohonan kepada TUHAN Allah terkait dengan rencana TUHAN membinasakan Sodom dan Gomora? (Jawaban : 4 kali, yakni pertama: bila terdapat 50 orang benar; kedua: bila terdapat 45 orang benar; ketiga: bila terdapat 30 orang benar; dan bila terdapat 10 orang benar dalam kota Sodom dan Gomora - Kej 18:22-33)
  30. Musa, Harun dan Miryam adalah bersaudara seayah-seibu. Benar atau Salah? (Jawaban : Benar - Bil 26:59)
  31. Di dalam Kitab apakah tertuli: "Lebih baik engkau tidak bernazar dari pada bernazar tetapi tidak menepatinya." ? (Jawaban : Kitab Pengkhotbah - 5:4)
  32. Ada dua tokoh wanita di dalam Alkitab bernama Debora. Yang paling terkemuka adalah Debora "Hakim-Hakim", yakni salah satu Hakim atas Israel. Dan Debora yang satunya adalah ....... ? (Jawaban : Inang pengasuh Ribka - Kej 35:8).
  33. Ada berapa Nabiah yang disebutkan dalam Alkitab Perjanjian Lama? Sebutkan! (Jawaban : 4 Nabiah, yakni nabiah Miryam - Kel 15:20, nabiah Debora - Hak 4:4, nabiah Hulda - II Taw 34:22; nabiah Noaja - Neh 6:14)
  34. Sebutkan nama kedua belas anak laki-laki Yakub! (Jawaban:  Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Gad, Dan, Naftali, Zebulon, Asyer, Yusuf, Benyamin - Kej 29:31-30:24)
  35. Siapakah yang pernah didatangi oleh Panglima Balatentara TUHAN? (Jawaban : Yosua - Yos 5:13-15).
  36. Dalam Kitab apakah tertulis: "Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya" ? (Jawaban : Kitab Amsal - 27:17)
  37. Siapakah nabi yang mendapat penglihatan kemuliaan TUHAN di tepi sungai Kebar? (Jawaban : Nabi Yehezkiel - Yeh 1)
  38. Siapakah yang melakukan suatu bentuk pertobatan massal dengan melaksanakan puasa bagi manusia dan ternak? (Jawaban : Orang Niniwe - Yun 3)
  39. Apakah yang dimaksudkan TUHAN Allah dengan kiasan dua orang perempuan, yakni Ohola dan Oholiba? (Jawaban : Ohola ialah Samaria dan Oholiba ialah Yerusalem - Yeh 23:4)
  40. Di kitab apakah tertulis : "Cinta kuat seperti maut" ? (Jawaban : Kitab Kidung Agung - 8:6)
  41. Siapakah nama ketiga sahabat Ayub? (Jawaban : Elifas, Bildad, Zofar - Ayub 2:11)
  42. Siapakah nama raja yang disebutkan bertubuh sangat gendut? (Jawaban : Eglon, raja Moab - Hak 3:17)
  43. Siapakah di antar anak-anak Nuh, yakni Sem, Ham dan Yafet, yang mendapat kutuk karena melihat aurat ayahnya? (Jawaban : Ham - Kej 8:22, 24)
  44. Salomo adalah nama yang diberikan Daud kepada anaknya dari Batsyeba. Namun TUHAN Allah memberikan suatu nama lain bagi anak itu. Apa nama yang diberikan TUHAN bagi Salomo? (Jawaban : Yedija - 2 Sam 12:25)
  45. Ada 12 orang yang diutus oleh Musa untuk mengintai negeri Kanaan. Di antara 12 pengintai itu hanya 2 orang yang diperkenankan TUHAN masuk ke tanah Kanaan, 10 orang lainnya mati di padang gurun. Siapakah 2 orang itu? (Jawaban : Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun - Bil 14:30)
  46. TUHAN Allah membolehkan umat-Nya meminjamkan uang dengan beban bunga uang. Benar atau Salah? (Jawaban : Salah - Kel 22:25)
  47. Siapa-siapakah dari anak-anak Yakub yang membunuh setiap laki-laki dalam kota orang Hewi karena kasus pemerkosaan yang dilakukan Sikhem, anak Hemor, raja orang Hewi, terhadap Dina, anak perempuan Yakub? (Jawaban : Simeon dan Lewi - Kej 34:25)
  48. Daniel dimasukkan ke dalam perapian yang menyala-nyala oleh raja Nebukadnezar. Benar atau Salah? (Jawaban : Salah. Yang benar adalah Sadrakh, Mesakh dan Abednego - Dan 3).
  49. Siapakah anak Hana yang dimintanya kepada TUHAN? (Jawaban : Samuel - 1 Sam 1:20)
  50. Di Kitab apakah tertulis : "Berharga di mata TUHAN, kematian semura orang yang dikasihi-Nya." ? (Jawaban : Kitab Mazmur - 116:51).*** [HEP]

0 comments:

Post a Comment