Thursday, September 20, 2012

Quiz Jumat Agung

Quiz Jumat Agung


BENAR ATAU SALAH (B/S)
  1. Yesus dan murid-murid-Nya sudah sering berkumpul di taman Getsemani (Jawaban: Benar - Yoh 18:2)
  2. Niat untuk menyerahkan Yesus dilakukan Yudas Iskariot atas inisiatifnya sendiri (Jawaban: Benar - Mrk 14:10-11)
  3. Ketika Yesus dikirim oleh Pilatus kepada Herodes, Herodes sangat girang melihat Yesus (Jawaban: Benar - Lukas 23:8)
  4. Yesus hanya mengecap anggur bercampur empedu yang diberikan oleh prajurit-prajurit Roma, tetapi Ia tidak meminumnya (Jawaban : Benar - Matius 27:34, yang diminum oleh Yesus adalah anggur asam yang disodorkan kepada- Nya sesaaat setelah Ia berseru, "Aku haus" - Yoh 19:28-30)
  5. Simon dari Kirene dengan sukarela meminta prajurit Roma untuk memikul salib Yesus dalam perjalanan Yesus menuju bukit Golgota (Jawaban : Salah - Ia dipaksa - Mat 27:32; Mrk 15:21)
  6. Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, seba mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat".  Ini tertulis dalam kitab Markus (Salah - Yang benar adalah Lukas : Luk 23:34)
  7. Lambung Yesus ditikam dengan tombak oleh prajurit Roma pada saat Ia sudah mati (Jawaban : Benar - Yohanes 19:33-34).

PILIH YANG BENAR (a/b/c/d)
  1. Kitab Injil yang memberi kesaksian tentang adanya seorang muda yang lari dengan telanjang pada waktu penangkapan Yesus di taman Getsemani adalah : a. Kitab Matius; b. Kitab Markus; c. Kitab Lukas; d. Kitab Yohanes (Jawaban : b. Markus - 14:51-52)
  2. Kitab Injil yang memberi kekaksian bahwa peluh Yesus menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah saat Ia berdoa di taman Getsemani adalah : a. Kitab Matius; b. Kitab Markus; c. Kitab Lukas; d. Kitab Yohanes (Jawaban : c. Lukas - 23:44)
  3. Yang mengapani mayat mayat Yesus adalah : a. Simon dari Kirene dan Yusuf dari Arimatea; b. Maria Magdalena dan Simon Petrus; c. Nikodemus dan Yusuf dari Arimatea; d. Yusuf dari Arimatea dan prajurit-prajurit Roma (Jabawan: c. Nikodemus & Yusuf dari Arimatea - Yohanes 19:38-42)
  4. Yesus berseru dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" pada : a.  jam 9; b. jam 12 ; c.jam  3; d. pada saat kegelapan meliputi seluruh daerah di situ (Jawaban : c. jam 3 - Matius 27:46)
  5. Pada saat Perjamuan Malam terakhir Yesus berkata kepada salah seorang murid-Nya: "Lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum." Siapa murid yang dimaksudkan oleh Yesus ini? Pilih: a. Yohanes b. Simon Petrus. c. Yakobus. d. Yudas Iskariot (Jawaban : b. Simon Petrus - Luk 22:31).
  6. Perkaatan Yesus bahwa roh memang penurut tetapi daging lemah tertulis di dalam kitab : a. Matius  dan Markus b. Markus dan Lukas. c. Lukas dan Yohanes. d. Matius dan Lukas. ([awaban : a. Matius (26:41) dan Markus (14:38)]
  7. Siapakah yang meminta kubur Yesus dijaga? a. Pilatus dan imam-imam kepala b. Pilatus dan orang-orang Farisi. c. imam-imam kepala dan orang-orang Farisi. d. orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. (Jawaban : c. imam-imam kepala dan orang-orang Farisi - Mat 27:62)
BERIKAN JAWABAN
  1. Siapakah nama hamba Imam Besar yang telinganya ditebas oleh Petrus di taman Getsemani? (Jawaban: Malkhus - Yoh 18:10)
  2. Mana dari dua perkataan Yesus ini yang Yesus ucapkan lebih dahulu "Eli, lama sabakhtani?" atau "Aku haus" (Jawaban : "Eli, lama sabakhtani?" - Matius 27:46-48 & Yohanes 19:28-29)
  3. Adakah murid yang mendampingi Yesus saat Ia di hadapkan ke Imam Besar Hanas? (Jawaban : Ada - Yoh 18:15)
  4. Siapakah murid yang menyaksikan secara langsung penyaliban Yesus di lokasi penyaliban, yakni di bukit Golgota? (Jawaban : murid yang dikasihi Tuhan (Yohanes) - Yohanes 19:26)
  5. Apa yang dikatakan penjahat yang digantung dekat salib Yesus sehingga karena itu Tuhan pun berkata kepadanya bahwa pada hari itu juga ia akan bersama bersama-sama dengan Yesus di Firdaus?  (Jawaban : "Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." - Lukas 23:41)
  6. Apa yang terjadi terkait dengan hubungan Herodes dan Pilatus dari peristiwa penyaliban Yesus? (Jawaban : Herodes dan Pilatus menjadi bersahabat setelah sebelumnya mereka bermusuhan - Lukas 23:12).
  7. Disebut apakah tanah tempat tubuh Yudas Iskariot jatuh tertelungkup dari tempat ia menggantung diri? (Jawaban : Hakal-Dama, artinya Tanah Darah - Kis 1:19)

0 comments:

Post a Comment